Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Dengan Mudah dan Cepat

Hardisk ialah suatu fitur keras penyimpanan yang ada dalam suatu laptop ataupun pc yang amat rawan sekali hadapi kehancuran.

Sebab berfungsi selaku fitur keras penyimpanan, oleh sebab itu hardisk memiliki andil yang amat berarti dalam suatu pc.

Bayangkan saja bila hardisk yang ada pada pc ataupun laptop kalian datang– datang hadapi kehancuran. Pasti saja perihal itu amat tidak di mau.

Sebab bila perihal itu terjalin, hingga bukan tidak bisa jadi informasi– informasi berarti yang ada pada hardisk pada laptop ataupun pc kalian hendak lenyap.

Pada biasanya kehancuran hardisk yang sangat kerap terjalin ialah sebab hardisk bad sector. Apa itu bad sector? Bad sector ialah suatu sebutan yang dipakai buat melaporkan kalau situasi hardisk tidak lagi dalam situasi sebaiknya.

Dengan tutur lain hardisk yang bad sector ini merupakan suatu situasi dimana sector yang ada pada suatu harddisk tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan bagus, semacam kewajiban write serta read.

Kemudian buat sector sendiri ialah suatu tempat ataupun bagian yang sangat kecil di dalam suatu hardisk yang berperan selaku tempat penyimpanan informasi.

Oleh sebab itu bila sector dalam suatu hardisk dalam kondisi yang kurang baik, hingga hendak mempengaruhi kemampuan dari hardisk itu sendiri.

Dimana hardisk tidak bisa melaksanakan gunanya dengan bagus dalam membaca perintah dari user alhasil informasi yang terbuat ataupun ditaruh hendak lenyap.

Oleh sebab itu pada postingan kali ini tribratatv.id hendak mangulas dan menarangkan gimana metode menanggulangi bad sector pada hardisk. Buat lebih lengkapnya langsung saja ikuti pembahasannya selanjutnya ini.

Metode Menanggulangi Hardisk Bad Sector

Butuh kalian tahu nyatanya ada sebagian aspek yang dapat menimbulkan kehancuran ataupun bad sector pada hardisk. Pada biasanya ada 2 tipe bad sector pada hardisk, ialah bad sector dengan cara raga serta aplikasi.

Permasalahan hardisk dengan cara raga pada biasanya sebab hardisk terserang abu, kotoran, kehangatan, jatuh serta lain serupanya. Walaupun sedemikian itu, tetapi kehancuran raga ini tidak bisa diperbaiki.

Kemudian buat bad sector dengan cara aplikasi, pada biasanya kehancuran hendak terjalin pada dikala pemakaian pc misalnya saja bahaya virus serta malware. Berlainan dengan kehancuran dengan cara raga, bad sector dengan cara aplikasi sedang terdapat mungkin buat diperbaiki.

Tetapi saat sebelum melaksanakan koreksi kepada hardisk yang bad sector, hingga kalian wajib melaksanakan kir situasi hardisk terlebih dulu. Buat lebih lengkapnya selanjutnya ini ialah sebagian metode yang dapat kalian maanfaatkan buat membenarkan bad sector pada hardisk.

A. Memakai Disk Check Tool

Pada sistem pembedahan Windows, kalian dapat melaksanakan kir situasi hardisk dengan memakai Disk Check Tool ataupun chkdsk. Buat lebih lengkapnya ikuti tahap– langkahnya selanjutnya ini.

  1. Buka Disk Check Tool

Tahap awal yang dapat kalian jalani ialah buka Disk Check Tool dengan metode buka Windows Explorer ataupun tekan tombol Windows+ E pada keyboard.

  1. Seleksi Disk yang Hendak Dicek
Baca Juga :   Cara Beli Voucher UniPin di Indomaret Pakai OVO Biar Dapat Cashback:

Setelah itu silahkan kalian seleksi disk yang mau kalian lihat dengan metode klik kanan pada disk yang hendak di lihat kemudian seleksi Properties. Disini aku memilah Disk C:. Sehabis itu kalian dapat masuk ke tab Tools.

  1. Jalani Pengecekan

Berikutnya kalian dapat melaksanakan kir serta pula koreksi hardisk bila ada error dengan metode klik tombol Check Now pada bagian Error Checking.

  1. Seleksi Alternatif Pengecekan

Selanjutnya hendak timbul kotak perbincangan kecil yang bermuatan 2 alternatif yang wajib kalian seleksi. Kalian dapat memilah ataupun mencentang 2 alternatif itu bila kalian mau memeriksa serta pula membenarkan bad sector pada hardisk.

Tetapi bila kalian cuma mau memeriksa situasi hardisk pada pc ataupun laptop kalian saja, hingga kalian dapat memilah ataupun mencentang alternatif yang awal saja. Bila telah silahkan klik tombol Mulai buat melaksanakan kir serta koreksi.

Baca Juga: Nama FF Keren

Cara kir serta koreksi hardisk ini hendak berjalan lumayan lama terkait dari kapasitas dari hardisk serta pula berapa banyak informasi dan error yang terdapat di dalamnya.

Oleh sebab itu jalani kir serta koreksi ini kala laptop ataupun pc lagi tidak dipakai. Kemudian bila terjalin soft bad sector, hingga Disk Check hendak membenarkannya alhasil esoknya dapat dipakai lagi.

Setelah itu bila ada permasalahan bad sector yang lebih lingkungan lagi, hingga esoknya Windows hendak balik melaksanakan Disk Check dengan cara otomatis pada dikala pc ataupun laptop dihidupkan.

B. Memakai Macrorit Disk Scanner

Tidak hanya memakai Disk Check Tool, kita pula dapat memakai aplikasi Macrorit Disk Scanner. Macrorit Disk Scanner sendiri ialah suatu aplikasi yang dapat dipakai buat melaksanakan scan bad sector pada hardisk.

Tidak hanya itu, aplikasi yang satu ini pula membagikan opsi serta pula penampilan yang lebih bagus dari melaksanakannya memakai aplikasi bawaan yang di sajikan oleh Windows.

Buat lebih jelasnya, ikuti tahap– tahap buat menanggulangi hardisk bad sector dengan memakai Macrorit Disk Scanner selanjutnya ini.

  1. Unduh serta Install Aplikasi Macrorit Disk Scanner

Tahap awal yang wajib kalian jalani bila belum memiliki aplikasi Macrorit Disk Scanner ialah silahkan kalian unduh serta install aplikasi Macrorit Disk Scanner terlebih dulu. Kalian dapat langsung unduh aplikasi Macrorit Disk Scanner lewat web resminya[DISINI].

  1. Buka Aplikasi Macrorit Disk Scanner serta Jalani Scan

Tahap selanjutnya yang dapat kalian jalani ialah buka aplikasi Macrorit Disk Scanner yang sudah sukses kalian install. Kemudian klik Scan Now, hingga dengan cara otomatis Macrorit Disk Scanner hendak mengetahui bad sector pada hardisk kalian.

  1. Cara Scan Selesai

Bila cara scan sudah berakhir, hingga bila ada kehancuran pada hardisk kalian hendak timbul lukisan semacam di atas. Banyaknya bad sector pada hardisk bisa kalian amati pada bagian Error found. Berakhir, nyatanya metode yang kedua ini amatlah gampang bukan.

Baca Juga :   3 Cara Cepat Dan Mudah Melacak Lokasi Pemilik Nomor Ponsel

C. Memakai HDD Regenerator

HDD Regenerator merupakan salah satu aplikasi yang dapat kalian maanfaatkan buat menanggulangi bad sector pada hardisk laptop ataupun pc kalian.

Aplikasi yang satu ini memiliki metode kegiatan buat melaksanakan penyembuhan serta pula koreksi pada sector hardisk yang bermasalah biar dapat berperan dengan sebaiknya.

Buat lebih jelasnya, ikuti tahap– tahap buat menanggulangi bad sector pada hardisk dengan memakai aplikasi HDD Regenerator selanjutnya ini.

  1. Unduh serta Install Aplikasi HDD Regenerator

Tahap awal yang wajib kalian jalani bila belum memiliki aplikasi HDD Regenerator ialah silahkan kalian unduh serta install aplikasi HDD Regenerator terlebih dulu.

  1. Buka Aplikasi HDD Regenerator

Tahap selanjutnya yang dapat kalian jalani ialah buka aplikasi HDD Regenerator yang sudah sukses kalian install.

Kemudian klik tab Regeneration, hingga esoknya hendak timbul sebagian opsi, silahkan kalian seleksi Mulai Process under Windows. Setelah itu bila ada catatan timbul, silahkan kalian seleksi Nomor.

  1. Seleksi Disk yang Hendak Dicek

Tahap berikutnya silahkan kalian seleksi drive mana yang mau kalian lihat. Sehabis kalian seleksi drive mana yang mau kalian lihat, hingga tahap selanjutnya silahkan kalian klik Mulai Process.

  1. Seleksi Alternatif Cocok Kebutuhan

Setelah itu hendak timbul sebagian opsi, silahkan kalian seleksi cocok dengan keinginan. Alternatif yang awal ialah Prescan yang hendak menunjukkan bad sector saja.

Sebaliknya buat alternatif Wajar Scan, hingga kalian dapat melaksanakan kir serta pula melaksanakan koreksi kepada hardisk yang bad sector. Kalian dapat memilah dengan menorehkan no opsi kalian pada bagian Enter choice

Sedikit anjuran dari kita, pada dikala kalian lagi melaksanakan kir upayakan kalian sudah menutup seluruh aplikasi lain yang lagi berjalan. Perihal itu dicoba biar cara kir serta koreksi terus menjadi maksimal.

D. Memakai SpinRite

Metode ke 4 ataupun metode terakhir yang dapat kalian maanfaatkan buat membenarkan bad sector pada hardisk ialah dengan memakai aplikasi SpinRite. Spinrite ini memiliki metode kegiatan yang nyaris serupa dengan HDD Regenerator lebih dahulu.

Nah salah satu perihal yang berlainan dari aplikasi ini ialah SpinRite bertugas pada dikala booting ataupun di luar sistem pembedahan, kurang lebih serupa perihalnya pada dikala kita melaksanakan install sistem pembedahan.

Esoknya sector yang cacat pada hardisk hendak diisyarati serta yang hendak kita maanfaatkan ialah sector yang sedang belum cacat.

Tetapi saat sebelum itu kalian sediakan terlebih dulu CD ataupun flashdisk yang esoknya hendak kita maanfaatkan buat melaksanakan botable.

Buat lebih jelasnya, ikuti tahap– tahap buat menanggulangi bad sector pada hardisk dengan memakai aplikasi SpinRite selanjutnya ini.

  1. Unduh serta Install Aplikasi SpinRite

Tahap awal yang wajib kalian jalani bila belum memiliki aplikasi SpinRite ialah silahkan kalian unduh serta install aplikasi SpinRite terlebih dulu.

  1. Buka Aplikasi SpinRite
Baca Juga :   Cara Mudah untuk Menstabilkan Jaringan Ketika Bermain Game

Setelah itu buka aplikasi SpinRite, kemudian seleksi alternatif Create ISO or Image File buat kalian yang hendak memakai CD buat membenarkan hardisk, bila file ISO sudah jadi langsung saja burn ke CD memakai aplikasi yang dapat dipakai buat burning CD.

Kemudian bila kalian mau memakai falshdisk, kalian dapat seleksi alternatif Intsall SpinRite on Drive setelah itu tekan serta kuat tombol pada keyboard cocok dengan graf drive flashdisk yang kalian maanfaatkan, sehabis itu klik Install Botable SpinRite.

Tunggulah sebagian dikala sampai cara botable berakhir. Bila telah berakhir, kalian dapat tekan tombol Close.

  1. Restart Pc& Masuk BIOS

Tahap selanjutnya restart pc kalian kemudian masuk ke BIOS dengan metode klik tombol Del pada dikala pc booting. Bila telah masuk BIOS, seleksi menu Boot kemudian seleksi menu booting device cocok dengan perlengkapan yang kalian maanfaatkan.

Bila kalian memakai CD, hingga kalian dapat menata booting lewat CD- ROM serta masukan CD yang telah bermuatan file ISO ke CD- ROM.

Tetapi bila kalian memakai flashdisk, kalian dapat memilah menu hardisk priority yang terdapat di dasar Booting devices. Bila boot priority telah di ganti jadi flashdisk, langsung saja klik Exit and Simpan.

  1. Seleksi Alternatif Cocok Kebutuhan

Bila cara booting sukses, hingga esoknya program SpinRite hendak terbuka serta hendak timbul sebagian alternatif yang dapat kalian maanfaatkan buat membenarkan bad sector pada hardisk.

Kalian dapat memilah alternatif itu cocok dengan keinginan kalian, tetapi pada biasanya alternatif yang kerap dipakai ialah alternatif no 2 serta 4.

  1. Seleksi Drive atau Partisi yang Hendak Diperbaiki

Bila kalian telah memilah alternatif mana yang hendak kalian maanfaatkan buat membenarkan hardisk, hingga berikutnya hendak ada opsi drive ataupun partisi hardisk mana yang mau kalian perbaiki. Sehabis itu tunggulah sampai cara koreksi berakhir.

Butuh kalian tahu kalau durasi buat membenarkan hardisk dengan memakai metode yang satu ini amat lama sekali. Oleh sebab itu, kalian wajib adem menunggu.

Walaupun lama, tetapi SpinRite ini memiliki keahlian buat mengembalikan informasi– informasi kalian yang lenyap dan memiliki metode kegiatan yang amat baik sebab memiliki tingkatan keakuratan informasi yang besar.

Kesimpulan

Bad sector pada hardisk ialah kehancuran yang terjalin pada sector hardisk bagus dengan cara raga ataupun aplikasi. Bila hardisk cacat dengan cara raga hingga tidak dapat lagi diperbaiki serta informasi di dalamnya tentu hendak lenyap. Tetapi bila dengan cara aplikasi, hardisk sedang dapat diperbaiki serta mungkin informasi balik sedang terdapat.

Demikianlah ulasan dari kita hal metode menanggulangi hardisk bad sector. Mudah- mudahan beberpa metode diatas bisa berguna buat membenarkan hardisk yang bad sector. Aman berupaya serta mudah- mudahan hardisk kalian bisa diperbaiki serta dapat dipakai semacam mestinya.

Related posts